Cuma Dengan IMEI, Dapatkah Telpon Seluler Hilang Terlacak?

Sebenarnya dapat menemukan hp yang hilang berdasarkan IMEI. Hanya saja ini memerlukan kerjasama dari operator. Database berupa nomor IMEI dari smartphone yang diterapkan, akan timbul di operator saat tersambung dengan SIM card mereka.

Sayangnya, sepertinya di negara kita belum ada aturan yang bisa membuat orang lazim meminta tolong ke operator untuk melacaknya. Sepertinya data hal yang demikian masih dianggap komponen dari privasi dan hanya bisa diakses pihak memiliki wewenang untuk kepentingan khusus saja.

Beberapa telpon pintar sudah menyiapkan fitur pelacakan yang akan membantu pemilik seandainya smartphonenya hilang, ketinggalan, atau lupa menyimpannya di mana. Lakukan hal ini sejak pertama kali membeli ponsel atau sehabis factory reset.

OS Android

Untuk dapat Lacak Android yang hilang, Masukkan akun Google atau Gmail. Masuk ke Setting, Security, Device Administrators, dan centang dibagian Android Device Manager. Pastikan juga di komponen Setting, location, di centang komponen Let Google app access your lokasi dan GPS Satellites. Untuk mereka yang sudah memakai OS KitKat, pilihan Setting location di High Accuracy.

Jika kita kehilangan smartphone Android hal yang demikian, dapat mengakses posisinya melewati website browser ke alamat ini, masukkan akun Google/Gmail yang dipakai di Android kita, karenanya akan terbuka menu untuk melihat posisi telepon pintar kita, malahan membunyikan, mengunci atau menghapus datanya.

Atau bisa juga tanpa melalui browser, dengan menginstalkan aplikasi Android

Device Manager pada telepon seluler Android lain yang dapat di download di sini. Kecuali Tips di atas, masih banyak lagi aplikasi third party yang sama yang bisa diinstalkan di android. Beberapa pun terintegrasi dalam aplikasi antivirus.

Salah satu aplikasi yang bagus, yang dapat memberitahukan dan memfoto pencurinya bahkan dikala simcard di ganti yakni Cerberus Anti Theft. Dapat diunduh di seketika lewat Playstore.

iOS Apple

Pada Home Screen, pilih Pengaturan, kemudian klik iCloud. Kalau belum memasukkan apple ID, akan dipinta untuk memasukkan apple ID. Seandainya belum memilikinya, akan diminta untuk membuatnya. Ingatlah senantiasa dengan baik apple ID anda, sebab sesudah iOS 7, tiap kali kita mem-factory reset iPhone/iPad/iPad kita hal pertama yang akan diminta otomatis ialah apple ID untuk bisa memakainya kembali.

Pindahkan posisi bar Find My iPhone / iPad/ iPod ke posisi On untuk mengaktifkan fitur pelacakan seandainya saja Telpon Seluler tertinggal atau hilang. Untuk mencari device yang hilang atau ketinggalan, masuk via situs browser ke iCloud. Masukkan apple ID anda, dan pilih menu Find My iPhone.